Followers

Rabu, 18 Juli 2012

Kendang Khas Blitar (Kendang Sentul)




Berbagai macam kendang yang kita jumpai di kawasan Blitar khususnya, juga di berbagai daerah bahkan merambah sampai ke luar negeri.
Kadang kita bertanya" Bagaimana dibuat? dan Dimana membuatnya?", semua itu pasti terjawab bila anda datang ke Blitar tepatnya di Ds Ngadirejo yang jaraknya -/+ 1 Km arah utara dari Makam Bung Karno. Di sana terdapat bengkel kayu yang selama ini tak pernah kita ketahui keberadaannya, sejak Th 1988 P Yanto yang merupakan pemilik sekaligus perintis kendang khas Blitar atau yang sering menjadi ikon kota Blitar adalah "Kendang Sentul". Proses pembuatan yang di awali dengan pemilihan bahan baku kayu al: mahoni, sawo,mangga, dan lainnya.
Berikut dilanjutkan dengan pemotongan kayu yang disesuaikan dengan ukuran mulai panjang dan diameternya, setelah itu proses yang membutuhkan ketelatenan dan seni semua diserahkan kepada P Sukemi dan P Sinong sebagai tukang bubut. Dalam taraf pembentukan seperti ini harus dikerjakan dengan hati-hati, dikarenakan bahan yang telah dipilih dari awal bisa tidak sesuai keinginan pemesan bilamana proses "bubut" ini gagal.
Pengerjaan berikut yang harus kita lihat adalah finishing yang mana pada proses ini semuanya ditentukan dimulai dari penghalusan , pengecatan bahkan yang bersifat teknispun semuanya ada, dan akan menentukan nilai jual juga seni.
Selama hni P Yanto melayani pesanan tidak hanya konsumen lokal namun dari luar kota al: Malang, Surabaya, Jombang, Bali, adapun pesanan luar negeri masih dari Australia.

8 komentar:

  1. silakan ambil dari award dari saya,masih nerlaku kok, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi tolong link saya juga terpasang di blog mas ya, hehe :)
      Terimakasih :))

      Hapus
  2. Balasan
    1. Betul-betul-betul :D

      semoga negara tetangga cukup bangga dgn istilah khas upin-ipin itu :)

      Hapus
  3. Wah pengen sekali nih aku ke Blitar...
    Dan baru kali ini aku dengar Kendang Sentul :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari ke Blitar :D

      Ada Penataran, makam Bung Karno, Pantai, etc :)

      Hapus
  4. makin cinta INDONESIA nih neng hehehhe ..karya ASLI INDONESIA patut d LESTARIKAN!!!

    jgn lupa komen back yee :D

    BalasHapus

Your comment will improve me :))